Jumat, 19 Desember 2014

Tentang Motherboard ! apa sih Motherboard ??



Sekilas tentang Motherboard

 
 
Motherboard (Papan Induk) adalah merupakan perangkat terpenting dalam komputer yang berfungsi sebagai tempat untuk memasang atau meletakkan berbagai perangkat, seperti :  processor, memori, VGA card, sound card,dsb.
Berikut ini adalah komponen-komponen yang terdapat dalam motherboard :

a.)    Slot dan soket processor
Adalah tempat meletakan dan memasang processor di motherboard dengan di lengkapi kait pengunci agar processor yang terpasang tidak bergerak. Bentuk soket disesuaikan dengan tipe processor yang akan digunakan.

b.)    Chipset motherboard
Chipset berguna untuk mengatur atau membagi fungsi-fungsi dalam motherboard. Chipset dikenali dengan membaca label yang ada di permukaannya. Chipset yang umum kita temukan dipasaran antara lain : intel, SIS, VIA, Nvidia, AMD. Beberapa chipset menyediakan fasilitas VGA on board dan sound on board, dalam motherboard dikenal 2 jenis chipset, yaitu :
1.       Northbridge chipset
Chipset utama yang mengatur alur data kinerja processor untuk berhubungan dengan komponen utama, misalnya slot memori, slot AGP dan slot PCI. Northbridge chipset terletak didekat processor.
2.       Southbridge chipset
Chipset yang berfungsi sebgai pengatur alur data kinerja processor untuk berhubungan dengan komponen sekunder atau komponen selain yang diatur northbridge chipset. Misalnya : contorl IDE/harddisk,drive,DMA dan interrupt.
Chipset pada motherboard ada yang sama dengan merk motherboard tetap ada juga yang berbeda. Jenis chipset yang digunakan pada motherboard akan berpengaruh pada :
·         Tipe processor yang bisa digunakan pada motherboard.
·         Kelengkapan I/O port yang disediakan.
·         Tipe display adaptor yang bisa digunakan (VGA).
·         Jenis memori yang bisa mendukung system PC.
·         Kelengkapan fitur-fitur tambahan.

c.)     Cache memory external/L2
Memor berkapasitas terbatas tetapi berkecepatan sangat tinggi yang lebih mahal dari memori utama. Cache memori ada 2 macam, yaitu :
1.       Cache memori internal/L1
2.       Cache memori external/L2

d.)    IC CMOS/BIOS
IC CMOS/BIOS adalah chip yang berisi software BIOs. Berfungsi membaca dan mendata hardware yang terpasang pada motherboard. Melalui BIOS kita dapat mengaktifkan atau menonaktifkan beberapa komponen dalam motherboard.

e.)    Baterai CMOS
Baterai CMOS merupakan sumber tegangan bagi IC CMOS. Berfungsi untuk menyiimpan konfigurasi setting IC CMOS/BIOS agar tidak berubah setiap komputer dimatikan atau dinyalakan. Misalnya komputer saat dinyalakan akan menampilkan tanggal dan jam yang sesuai meskipun sebelumnya komputer dimatikan.

f.)     Slot memori/SIMM dan DIMM
Slot memori ini berbentuk panjang tipis dan memiliki pinn atau kaki. Slot inii digunakan untuk meletakkan memory card atau RAM.

g.)    Port parallel IDE
Port parallel IDE mempunyai 40 pin yang berfungsi meletakkan kabel IDE yang terhubung harddisk dan optical drive. Port parallel IDE dibagi menjadi 2, yaitu:
1.       Primary IDE, digunakan untuk meletakkan kabel IDE yang terhubung ke harddisk.
2.       Secondary IDE, digunakan untuk meletakkan kabel IDE yang terhubung ke optical drive.

h.)    Port floppy disk (FDD)
Port FDD memiliki bentuk yang sam dengan parallel IDE, hanya saja jumlah pin yang dimiliki berjumlah 34 pin. Port FDD berfungsi untuk meletakkan kabel FDD yang terhubung dengan floppy disk.

i.)      Slot PCI (Peripheral Conponent Interconnect)
Slot PCI adalah saluran 32 bit dan 64 bit standar local bus ayng mengikat bus ekspansi langsung ke CPU. Dengan demikian proses kerja komponen yang menempatinya akan lebih cepat karena langsung diakses oleh CPU tanpa melalui komponen lain. Slot ini berwarna putih dan terdiri dari 2 kanal. Biasanya digunakan untuk VGA card seri lama, sound card, modem card, TV tuner,dsb.

j.)      Slot VGA (Video Graphic Adaptor)
Merupakan slot VGA jenis baru yang menggunakan saluran 128 bit yang khusus digunakan untuk meningkatkan kinerja video adapter 3D. 

k.)    Slot AMR (Audio Modem Riser)
Kotak kecil berwarna cokelat dan berukuran pendek yang digunakan hanya oleh modem dengan dukungan audio, bekerja pada bus 128 bit.

l.)      Slot CNR
Kotak yang berukuran sedikit lebih panjang dari pada slot AMR dan berwarna cokelat ayng digunakan untuk jaringan yang bekerja pada bus 128 bit.

m.)  PIN group atau front panel
Sekumpulan konektor yang berhubungan dengan kabel reset, HDD LED, power LED, speaker cesing dan skalar tombol power ON/OFF pada casing.

n.)    Port power supply motherboard
Sebagai tempat untuk meletakkan konetor kabel power supply yang ada pada casing. Port ini berbentuk kotak berwarna putih dan terdiri atas 20 pin.

o.)    Port I/O motherboard
Port I/o merupakan port atau gerbang tempat dipasangnya konektor peralatan input output yg ada di otherboard dan biasanya terletak dibelakang casing.
I/O port terdiri dari : port serial, port parallel, port PS2, port VGA, port com, port USB

Sumber : Kharisma SMK produktif; modul perakitan dan troubleshooting PC.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar