Senin, 08 Desember 2014

ISTILAH PENTING PADA HARDDISK



Pada postingan saya sebelumnya saya sempat membahas sedikit tentang harddisk dan beberapa jenis harddisk. Saat ini saya akan sedikit memaparkan istilah penting pada Harddisk..

ISTILAH PENTING PADA HARDDISK

1.       KAPASITAS
Kemampuan untuk menampung atau menyimpan data dan aplikasi program pada komputer disebut kapasitas harddisk. Semakin besar kapasitas yang dimiliki harddisk, semakin banyak data dan program yang dapat disimpan atau ditampung. Kapasitas harddisk ditunjukan dalam satuan giga byte. Contoh kapasitas harddsik yang beredar di pasaran, yaitu : 80 GB, 160 GB, 250 GB, 320 GB, 500 GB , dll.

2.       KECEPATAN ROTASI
Kecepatan rotasi adalah kecepatan putar platter diantra head pada harddisk untuk menulis dan membaca data. Semakin cepat platter itu berputar semkin singkat waktu yang diperlukan untuk mengolah data. Saat ini kecepatan rotasi harddisk iinterface PATA dan SATA sudah mencapai 7200 rpm. Sedangkan  Harddisk interface SCSI  kecepatan rotasinya sudah mencapai 15000 rpm.

3.       PARTISI
Partisi harddisk (Disk Partitioning) dapat dikatakan merupakan suatu pembagian memori kapasitas harddisk menjadi beberapa bagian secara logical atau menyekat harddisk menjadi beberapa ruangan. Pada sistem operasi windows, biasanya dimulai dengan drive C:\, D:\, E:\ dst sampai Z:\.

Kita memang sebaiknya membuat partisi menjadi beberapa bagian . Tujuan dibuatnya partisi agar menjaga data –data kita supaya aman apabila terjadi kerusakan pada sistem yang dipakai. Hal ini dikarenakan adanya sekat  pemisah antar partisi. Partisi harddisk juga berguna apabia kita menginginkan menginstal sistem operasi lebih dari satu. Dan dapat juga mempercepat kinerja harddisk, karena pengalamatan lokasi suatu data menjadi lebih ringkas.
Selain itu juga dapat digunakan untuk memanipulasi harddisk yang sudah mengalami bad sector secara fisik (misalnya platter tergores oleh head harddisk). Untuk bad sector secara magnetis dapat diatasi dengan  level formatting, yaitu dengan cara membuat partisi diantara partisi yang bad sector dan mengosongkan partisi yang bad sector teersebut. Ada 3 macam partisi dalam harddisk, yaitu:
a.)    Partisi Primary
Adalah drive atau root yang digunakan sebagai bootable yang pertama yang berfungsi sebgai master. Partisi inimerupakan tempat menyimpan program operating system (OS) yang digunakan oleh komputer.
b.)    Partisi Extended
Merupakan partisi pembatas antara partisi primary dengan partisi logical. Dalam partisi ini tidak terdapat drive karena  hanya berupa pembatas yang  brefungsi membedakan drive C dengan drive lain.
c.)     Partisi logical
Merupakan bagian dari partisi extended yang memiliki beberapa drive.

Semoga bermanfaat... ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar