Senin, 08 Desember 2014

APA ITU HARDDISK?



HARDISK

Hardisk adalah merupakan komponen yang berbentuk segiempat yang berisi platter atau piringan yang mirip degan piringan hitam,head, papan elektronik, motor penggerak, dan komponen lain. 

Hardisk berfungsi sebgai salah satu alat booting computer, media penyimpanan OS dan media penyimpanan semua data dalam kapasitas sangat besar. Kapasitas hardisk adalah kemampuan untuk menampung atau menyimpan data dan aplikasi program pada komputer. Ukuran kapasitas hardisk yaitu dalam satuan giga byte (GB)


Berdasarkan perkembangan hardisk, saat ini dikenal 3 jenis hardisk berdasarkan interfacenya, yaitu :

1.       HD.Parallel ATA (PATA)
HD.PATA menggunakan interface berupa kabel IDE 40 pin, berbentuk seperti pita dan lebar.
HD.PATA memiliki kecepatan rotasi 3600 rpm atau ATA 66, 5400 rpm atau ATA 100, 7200 rpm atau ATA 133.

2.       HD.Serial ATA (SATA)
HD.SATA sama dengan HD.PATA, yang membedakan hanya pada kabel data yang digunakan HD.SatA menggunakan kabel yang tipis dan lebih kecil dari kabel IDE 40 pin (PATA). Kecepatan putaran HD.SATA sudah mencapai 7200 rpm, sehingga lebih cepat dalam transfer data.

3.       HD.SCSI
HD.SCSi rata-rata memiliki kecepatan 10000 rpm  dan tidak bisa digunakan untuk PC home, tetapi biasa digunakan pada komputer server. Interface HD.SCSI menggunakan I/O card, yaiut interface yang menghubungkan antara harddisk dengan motherboard (SCSI card).


Nah, sekian dulu yang pembahasan tentang harddisk. Kita sambung lagi di postingan berikutnyaaa see you.... ^^,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar